SERUNYA PERKEMAHAN MUHIBAH

          Sebenarnya, telah lama Naufal dan teman-teman Pramuka nya tepatnya di Smpn 11 Batam, menginginkan perkemahan muhibah , yaitu perkemahan persahabatan se Asia tenggara, tetapi tak disangka, pembina mereka kak Sinurmauli, memberi tahu bahwa perkemahan itu, akan diadakan beberapa hari lagi, dan bertepatan dengan tahun baru masehi 2010, betapa senangnya mereka mendengar berita itu. Tapi sayang, biaya nya bisa
bikin kantong kering. Dari 50 siswa yang mengikuti exkul Pramuka,  hanya lima orang saja yang mampu mengikuti perkemahan ini, yaitu Naufal, Gumilang, Kamaluddin, Bimas, dan Arya, sedangkan yang lain nya tidak bisa ikut, karena tidak ada biaya. Walaupun hanya berlima, ini tidak menyurutkan semangat mereka. toh, disana pun mereka akan bertemu dengan teman – teman baru.
                   Hari itu pun akhirnya datang juga, di pagi hari buta ,semua perlengkapan diri untuk berkemah telah dipersiapkan oleh Naufal, dengan seragam Pramuka yang rapi nan gagah  Naufal melangkah kesekolah dengan pasti.
                   Sesampai di sekolah, Naufal dan keempat temannya berkumpul untuk mempersiapkan tenda dan peralatan lainnya. Peralatan pun akhirnya sudah di siapkan, lalu mereka bergegas menaiki mobil sewaan mereka untuk menuju ke bumi perkemahan yang pada waktu itu lokasinya di Nongsa Palm spring.
                   Sesaat di mobil, mereka bernyanyi dan tertawa bersama, dan juga tak lupa   berdo'a kepada yang maha kuasa agar perjalanan dan perkemahan mereka diberkati oleh NYA.
                   Tak sampai satu jam, akhirnya mereka sampai di tujuan. Lalu mereka langsung memasang tenda. Kebetulan mereka mendapatkan lokasi di pinggir pantai, sama seperti beberapa anggota Pramuka dari sekolah lain. “oh,indah nya!” sahut Naufal memasang tenda sembari melihat pemandangan pantai yang indah.”ooi!, pasang tendanya yang betul donk, fokus ke tendanya, biar cepat, ntar bisa-bisa kita telat mengikuti upacara pembukaan, lagi” kata Kamaluddin tiba-tiba. “iya iya sorry laaa, habis, pantainya indah banget sih”.
                   Tenda telah selesai di pasang, lalu mereka langsung menuju lapangan untuk mengikuti upacara pembukaan.



Setelah upacara pembukaan selesai, kami beristirahat sejenak di dalam tenda.lalu Gumilang bertanya ”eh,ngomong-ngomong, kegiatan kita apa saja sih?” . Kamal berkata, sembari memberi buku susunan acara “nih, aku baru saja dikasih oleh kk pembina, buku acaranya, coba deh dibaca!” . “mmp, acaranya asyik-asyik banget nih, bakalan jadi pengalaman terbaik ni kayaknya” kata Gumilang.  “wah, iya, klihatan nya bakal seru nih” sahut Naufal, “yop yoi!” Bimas dan Arya berseru.
                   Keesokan harinya, mereka bangun pagi-pagi buta untuk mandi, karena kalau mandinya kesiangan, kamar mandi bakalan antre panjang. Lalu setelah mandi, mereka melakukan senam dan jalan pagi. kebetulan, pada saat jalan pagi, kami melewati lapangan golf Palm spring yang begitu indah.
  


 “wuih, indah kali ya lapangan golf nya ini, serasa ingin berguling-guling” kata Bimas. Lalu Arya berkata ”ih,enak aja kamu, ntar kena marah baru tahu rasa, emang ini lapangan punya kamu”.
                   Setelah senam dan jalan pagi, semua yang mengikuti perkemahan ini berfoto bersama, lalu melakukan anjang sana, alias saling berkenalan dan bertukar alamat email dan facebook. Pada kegiatan anjang sana ini, Naufal dan teman-teman berkenalan ke banyak orang, salah satunya dari kontingen Bandung, disitu Naufal senang sekali, karena bertemu dengan orang sunda, sama seperti Naufal sendiri. “boleh kenalan? ” Naufal bertanya kepada  kenalan nya. “iya boleh” ,”namanya siapa?”  Naufal bertanya lagi. “Mikail hermadyan Dewadaru, panggil aja Daru, kalo kamu?” “ saya Naufal fauzian ramadhan,dipanggil Naufal bisa, di panggil uzi juga bisa,  senang berkenalan dengan kamu.” “ ngomong-ngomong kamu orang mana fal?” “ aku orang bandung juga dar, karena ortu aku dua dua nya bandung, hehehe” “berarti bisa dong bahasa sunda?”, “iya sih, tapi gak lancar lancar banget.” “ ooo, gitu, ntar juga lancar kok, hehe” sahut Daru. “eh, dar, kok peserta dari negara tetangga kok ga ada yang datang ya? Kok cuma wakilnya doang?”, “katanya sih, mereka sedang melakukan ujian sekolah, jadi tidak bisa mengikuti perkemahan ini, begitu juga dengan negara lainnya”, “oo, begitu” kata naufal sembari mengangguk anggukan kepala.
                   Kegiatan anjang sana pun berakhir, dan dilanjut dengan kegiatan lainnya, seperti pelajaran bermain  perahu layar mini,berlomba mencari ketam, dan bermain tarik tambang, tarik tambang nya sangat seru sekali, tapi sayang, kelompok Naufal tidak memenangkan nya, yang menang adalah kelompok Gumilang.

Naufal team
VS

Gumilang team

        setelah itu mereka belajar bermain layangan raksasa, n dilanjut dengan kegiatan  outbond
 yang sangat seru, tapi sayangnya, hujan turun dengan tiba-tiba, beserta badai angin, dengan segera mereka langsung mencari tempat teduh dan aman, setelah sampai di tempat teduh,naufal berbincang bincang dengan Daru, teman barunya itu, “eh, dar, disana (Bandung) sering banget ya hujan es?” ,”iya fal, sering banget,” “ wah,enak dong bisa bikin es serut kalo gitu?” “wehehe, enak aja, malahan hujan es tu bahaya tau! payung aja bisa bolong, bahkan genteng pun bisa, apalagi langsung kena kepala, beuh, bisa-bisa kita pingsan di buatnya”, “wuih ngeri banget ya? Ku kira gak separah itu, heheh” kata Naufal.
                   Hujan pun berhenti, mereka langsung mengecek dan membetulkan tenda yang baru saja hancur terkena badai.


                   Lalu pada sore hari, mereka bergabung dengan ORARI untuk belajar pengetahuan tentang radio amatir,disana mereka mempelajari abjad telkom internasional, asal mula ORARI, dan fungsi-fungsi ORARI. Setelah itu mereka melakukan sholat maghrib, dan di akhiri dengan makan malam.
                   Setelah itu, mereka beristirahat dan menunggu perayaan malam tahun baru di mushola, sambil mengisi baterai hp yang habis. disitu Naufal bertemu dengan teman masa kecilnya yang bernama Gerald auzha.”eh, ji! kok baru ketemu? Dari kmarin kemana aja?” sahut Auzha. “ gak kemana-mana kok zha, kabar mu gimana nih? Sehat?” “iya dong, sehat, seperti apa yang kamu lihat sekarang” “bagus deh kalo gitu” sahut Naufal.  “aduh ji, malam tahun baru ini, gak sama si dia gak enak banget ji, mana tadi dia marah lagi sama aku”. Kata Auzha, lalu Naufal berkata  “ ya kamu bilang lah zha dengan baik-baik, biar dia ngertiin kamu!” “udah kok ji, sekarang dia udah gak marah lagi kok, eh, ji ngomong-ngomong dirimu udah punya girlfriend belum? Hehe” kata Auzha, lalu Naufal berkata “ ih, kamu ini ada-ada saja, aku tu belum punya girl friend, zha...!” “ ah,masa sih? Kamu kan cakep! Kok belum punya girl friend sih?” “ck, zha, sebenarnya aku lagi pedekate sama seseorang, dan aku tu gak mau pacaran sebelum waktu nya, aku takut keimanan dan pendidikan ku kacau gara-gara pacaran.” “o gitu, ya gak apa-apa deh”. “eh, sebentar lagi acara tahun baru bakalan dimulai nih, kita keluar yuk” kata Auzha, lalu Naufal berkata “ ayo!, tapi tunggu bentar, aku mau beresin charger hp ku dulu” “Ok” sahut Auzha.
                   Tak lama kemudian, arah jarum jam sudah tepat jam 00:00, lalu terdengar lah bunyi terompet yang sangat meriah, dan kembang api dimana-mana. Naufal, Gumilang, dan teman-teman barunya  melihat keindahan kembang api di pinggir pantai dengan beralas batang pohon kelapa yang panjang. “waaaah, subhanallah, indah banget ya!!” sahut Novi, teman baru Naufal dan Gumilang. “iya bener banget, inilah malam tahun baru yang paling indah dari yang pernah ku rasakan” kata Gumilang, lalu Naufal berkata “wuih, lihat tuh kembang api nya keren banget” sambil menunjuk kearah kembang api tersebut. “wah,iya” sahut Novi dan Gumilang.
                   Setelah acara kembang api, acara dilanjut dengan acara pentas seni, disana Daru mengisi acara dengan tari topeng dari jawa barat. Naufal berkata dalam hati “ wah keren banget ya Daru, tak disangka, ternyata dia jago nari juga”. Dan teman teman Naufal yang lain pun ikut mengisi acara pentas seni, salah satunya Kamal, dia mengisi acara dengan teman baru nya, lalu mereka membuat band dadakan. Pada malam itu band nya membawa beberapa lagu untuk memeriahkan acara pentas seni tersebut.
                   Acara meriah pada malam itu pun akhirnya selesai, semua nya istirahat di tenda masing-masing untuk mengisi tenaga buat hari esok.
                   Matahari pun bersinar terang di pagi hari,lalu mereka olahraga seperti biasa lalu mandi, setelah itu ada acara yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka semua, yaitu tour keliling kota Batam, tempat yang dituju adalah  jembatan barelang, pulau Galang, ocarina, dan tujuan terakhir yaitu nagoya hill. Pada saat di Nagoya hill mereka dipersilahkan untuk berbelanja sepuasnya.
                   Akhirnya acara demi acara telah dilewati,keesokan harinya adalah acara penutupan, disitu mereka sedih sekali, karena akan berpisah dengan teman-teman baru mereka. Tetapi mereka tidak terlalu bersedih, karena mereka semua telah bertukar alamat facebook dan email, sehingga masih bisa bertemu melalui dunia maya.
                   Satu persatu, anggota pramuka sudah ada yang pulang, dan pramuka kontingen Bandung pun akan melanjutkan tour nya ke singapura. 

Pramuka kontingen Bandung


Akhirnya, Naufal dan teman-teman satu regunya pulang dengan kakak pembinanya menaiki taxi. Dalam perjalanan pulang, Naufal teringat akan hal-hal yag menyenangkan pada perkemahan itu, dimulai dari anjang sana, sampai tour keliling kota Batam.

Ini adalah pengalaman yang tak akan terlupakan baginya (baca: aku)

THE END heehhee

Comments

Post a Comment

Popular Posts