Keterampilan Interpersonal Teknik Mesin

Dalam dunia kerja dengan dunia kuliah sangat lah berbeda, mungkin dalam kuliah kita mempelajari semua tentang praktek dan akademis, namun di dunia kerja kita dituntut memiliki softskill atau keterampilan interpersonal..berikut akan dijelaskan...

1. Keterampilan Penunjang Karir
 
    - Reporting Skill  : Yaitu skill dimana kita harus cakap dalam melaporkan suatu hasil kerja

    - Analyzing Skill : Yaitu Skill menganalisa suatu proses atau trouble dalam pekerjaan

    - Decision Maker : Menjadi Seorang Engineer atau Sarjana teknik mesin kita dituntut untuk dapat          membuat keputusan, bilamana suatu saat kita menjadi seorang atasan atau manajer, keputusan            tersebut harusla dipikirkan secara cepat dan matang.



    - Leadership         : Seorang sarjana harus mempunyai jiwa kepemimpinan dimana kita dapat                  mengatur bawahan kita agar dapat bekerja dengan baik..sebagai leader juga                                          nantinya kita bukan hanya memimpin, tapi jiwa sosial dan rasa peduli terhadap                                    bawahan juga diperlukan agar bawahan pun bekerja dengan senang hati.

    - Teamwork         : Dibutuhkan skill berorganisasi dalam bekerja, dalam bekerja dibutuhkan pula            jiwa kerjasama, saling peduli, dan memecahkan masalah bersama.

    - Procedure Making Skill : Bisa Membuat Prosedur kerja dalam suatu perusahaan, namun prosedur        tersebut harus anda coba terlebih dahulu agar realitasnya nanti tidak menimbulkan permasalahan.

2. Keterampilan Interpersonal

         Keterampilan Interpersonal yang bisa menunjang karir sebagai seorang sarjana atau insinyur mesin :

    - Etika & Jujur

    - Mau Membuka wawasan, bersedia untuk mempertimbangkan alternatif ide dari sudut pandang           yang berbeda

    - Kemampuan diplomasi, Pandai berhubungan dengan orang.

    - Pengamat jeli,tanggap terhadap suara, fisik dan aktivitas;

    - Cepat tanggap, dengan sendirinya menyadari dapat mengerti situasi

    - Siap siaga pada segala situasi.

    - Gigih, terus menerus, Fokus pada pencapaian sasaran tujuan.

    - Percaya Diri.

Banyak sekali softskill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, khususnya teknik mesin, untuk itu, sebelum terjun ke dunia kerja, para mahasiswa jurusan teknik mesin disarankan mengikuti Himpunan Teknik Mesin di Universitas masing2 atau UKM.. agar Softskill dapat diasah, sehingga dapat dirasakan manfaat nya setelah wisuda dan mencari kerja.

Comments

Popular Posts