Sifat Sifat Material


Dalam suatu perancangan suatu komponen diperlukan pemilihan bahan , yang mana bahan tersebut harus sesuai dengan fungsi serta prinsip kerja dari komponen yang dirancang. Jadi yang dimanfaatkan dari suatu bahan material adalah SIFAT nya.
secara Umum sifat tersebut dibagi tiga :

1. SIFAT MEKANIK : adalah sifat yang menunjukan kelakuan material apabila material tersebut di beri beban mekanik (static atau dinamik)
    - Kekuatan tarik-tekan - Keuletan-ketangguhan-lunak
    - keras-getas
    - strain hardening
2. SIFAT FISIK : adalah sifat yang berkaitan dengan karakteristik material.

          - warna
          - massa jenis
          - titik cair

3. SIFAT KIMIA : adalah sifat yang berkaitan dengan reaksi kimia.

          - Ketahanan korosi-
          - konduktivitas panas dan listrik

4. SIFAT TEKNOLOGI : Sifat yang berhubungan dengan kemudahan material untuk di proses lanjut. Contoh :

Mampu mesin : Kemampuan suatu material untuk di potong, dengan menggunakan alat-alatpotong (pahat,gergaji,kikir,dan gerinda). Proses pemotongan akan terjadi apabila ada gerak relative antara benda kerja dan pahat potong.

Mampu cor     : Kemampuan suatu benda untuk dicairkan dan dituang ke dalam cetakan tanpa adanya cacat (cacat seperti : patah, retak, porositas, segregasi).

Mampu las      : Kemampuan suatu material untuk disambung dengan menggunakan panas tanpa adanya cacat (cacat seperti : fasa keras, retak, distorsi)

Mampu bentuk : kemampuan suatu material untuk dideformasi plastis dengan tidak terjadinya necking dan beban yang diperlukan rendah. (necking adalah pengecilan penampang pada saat  deformasi plastis berlangsung)
Dalam pemanfaatan material harus mempertimbangkan ketiga sifat diatas untuk mendapatkan hasil yang optimum dalam suatu perancangan.

Sumber : Irwan, Yusril. 2015. Metalurgi Fisik. Bandung: Teknik Mesin Itenas

Comments

Popular Posts