Mengenal Ta'aruf


Apasih ta'aruf itu? menurut bahasanya ta'aruf itu berarti berkenalan, atau saling mengenal. bisa dengan sesama atau berbeda jenis,  kalau dengan sesama, hanya berupa mempererat tali persaudaraan sesama muslim, namun bila berbeda jenis, konteks ta'aruf nya berbeda, mempunyai batasannya tersendiri, misalnya tidak diperbolehkannya ikhtilat (pencampurbauran antara laki-laki dan perempuan) dan khalwat (berdua-duaannya seorang laki-laki dengan seorang perempuan).


Arti taaruf yang dianjurkan dalam Islam adalah perkenalan dalam batas-batas yang sesuai dengan syariat. Meskipun arti taaruf pada dasarnya sebatas perkenalan, arti taaruf lainnya yang lebih spesifik ialah tentang proses perkenalan antara laki-laki dan perempuan yang kemungkinan akan menjadi pasangan hidup.

"Taaruf yang dimaksud di sini ialah perkenalan dalam rangka menindaklanjuti ke jenjang lebih serius dalam menunaikan sunnah Nabi."

Allah berfirman (yang artinya), “Hai manusia, sesungguhnya kami telah menciptakan kalian dari seorang pria dan seorang wanita, lalu menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal (ta’arofu)….” (Q.S. Al Hujurat: 13)

berbeda dengan pacaran, taaruf memberikan banyak manfaat bagi pelakunya. Taaruf membuat dua orang berlainan jenis yang ingin menikah menjadi tahu mereka cocok untuk bersatu dalam pernikahan atau berhenti sampai di proses taaruf ini. Arti taaruf di sini pun memiliki aturannya sendiri yang sesuai dengan syariat, seperti ditentukan waktu taaruf (maksimal tiga bulan), batas-batas perkenalan di dalam taaruf, dan cara perkenalan di dalam taaruf. Apabila taaruf berjalan dengan lancar dan kedua pihak setuju untuk lanjut, selanjutnya yang dilakukan ialah khitbah. Apabila khitbah telah selesai dilakukan, proses berikutnya ialah menikah dengan mengucap ijab kabul.

Source: http://abiummi.com/apakah-arti-taaruf-yang-sesungguhnya/

gimana? udah cukup jelas dengan penjelasan tentang ta'aruf diatas?
jadi...? mau Pacaran atau Taaruf aja?

Comments

  1. "Taaruf yang dimaksud di sini ialah perkenalan dalam rangka menindaklanjuti ke jenjang lebih serius dalam menunaikan sunnah Nabi."

    benar seklai ulasan yang dibahas artikel diataas. recommended bacalah sampai tuntas agar paham

    ReplyDelete
  2. http://www.kontraktorhuruftimbulindonesia.com/
    https://id.pinterest.com/huruftimbul01/_created/
    https://www.linkedin.com/in/kontraktor-huruf-timbul-indonesia-87ab6b1b9/detail/recent-activity/
    https://www.kaskus.co.id/@HurufTimbulTng/viewallposts/?ref=header&med=profile_menu
    https://sites.google.com/u/6/new?authuser=6
    https://www.instagram.com/huruf_timbul_indonesia/
    https://twitter.com/_Huruf_Timbul
    https://www.tokopedia.com/tokosejahteratan
    https://www.jualo.com/profile/iklan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts