Ramadhan Untuk Meningkatkan Daya Iman



Ramadhan....bulan penuh berkah, dan bulan dimana syaiton di belenggu...semua pintu neraka ditutup... amal kebaikan dilipat gandakan sehingga manusia di muka bumi berlomba lomba berbuat kebaikan untuk mencapai kemenangan.

Pada bulan yang suci ini alangkah baiknya kita tingkatkan amal ibadah kita tuk meningkatkan daya iman kita. karena akan merugi bila Ramadhan ini dilewatkan begitu saja tanpa adanya peningkatan daya iman.

daya iman dapat diibaratkan seperti listrik di rumah kamu. misal, daya listrik di rumah kamu itu 450, 450 itu ibaratkan hanya bisa menyalakan beberapa alat elektronik saja, disaat kamu memakai alat elektronik tambahan, listrik nya akan turun.. untuk itu agar bisa menggunakan barang2 elektronik dirumah kita harus menambahkan daya listrik dirumah kita menjadi 1300 atau diatas nya. dengan begitu kita bisa menggunakan barang2 elektronik dengan bersamaan.

Sama halnya dengan daya iman kita, sebelum bulan ramadhan mungkin hanya sekedar menunaikan solat wajib saja, dan sulit untuk mengerjakan sunnah2 lainnya. dengan adanya ramadhan ini diusahakan kita tingkatkan daya iman kita seperti mengerjakan solat tarawih, mengerjakan solat malam, lebih sering bersedekah, mengaji Al-Qur'an dll, namun rutin.

 mengapa di bulan ramadhan?

karena lebih mudah melakukan nya disebabkan syaiton dibelenggu pada bulan ramadhan, sehingga sulit bagi mereka mengganggu manusia berbuat kebaikan di bulan ramadhan ini.

Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda,”Apabila datang Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” didalam riwayat Ibnu Khuzaimah didalam shahihnya disebutkan sabdanya saw,”Apabila malam pertama dari bulan Ramadhan maka setan-setan dibelenggu yaitu jin-jin yang durhaka..”

maka dari itu bulan ramadhan menjadi kesempatan emas bagi kita untuk meningkatkan daya iman.

aku sendiri merasakan perbedaan dari bulan2 selain bulan ramadhan, aku jadi merasa daya iman pada bulan ramadhan ini bener2 naik, yg biasa nya jarang ngaji... jadi sering ngaji, ada juga temen2 yg jarang solat, eh sekarang rajin banget solat nya, bahkan dia ngajak solat. masha allah luar biasa ya kekuatan bulan ramadhan ini...

namun peningkatan daya iman ini jangan hanya sebatas dibulan ramadhan saja, harus di lanjutkan di bulan2 setelah ramadhan, karena kemungkinan bila tidak dilakukan secara kontinyu daya iman kita akan turun kembali. percuma kan udah diperjuangin susah2 tapi udah gitu ditinggalin aja.. wkwkwk sama kaya ngejar cw ya? hush... ngawur wkwk.

yap in shaa allah dengan wejangan singkat ini kita dapat mengingat kembali apa tujuan kita melakukan ibadah di bulan yang mulia ini : ).




Comments

Popular Posts