Seru-Seruan Daihatsu Clay Workshop

Alhamdulillah males nulisnya udah di hilangin, akhirnya bisa nulis juga, ini judul wacana nulis tahun kemarin nih....-_-

yaudah back to da topic...
yap kali ini mau ngebahas tentang pelatihan clay yang diadain oleh Daihatsu
ngapain aja sih? ya kita disana ngebuat desain mobil skala kecil menggunakan clay

btw Clay itu apasih?


CLAY.... jadi clay seperti plastisin, atau di kita nya tu ya kaya tanah liat, namun ini khusus untuk nge desain body mobil,  yak lebih tepat nya benda ini disebut INDUSTRIAL CLAY. karena memang khusus digunakan untuk Industri.





unik nya clay yang kita gunakan disini bisa reusable gitu, setelah dipakai, mengeras, kita bisa panaskan kembali untuk jadikan dia lembek kembali. memanaskan nya juga khusus, yaitu menggunakan oven yg lumayan besar gt ya, yg didalem nya tu ada 6 slot untuk si clay nya yg tiap slot nya bisa diisi  7-8 batang Industrial clay.


nah serpihan2 bekas mengikis clay ini kita bisa pakai lagi looh, tinggal di padatkan, cukup pakai tangan saja, lalu letakan di oven deh, agar lembek kembali.







oiya, textur si clay nya ini lembut banget, dan kebetulan wangi cokelat... hahaha, saya nya yang laper kayanya makanya wangi cokelat, kbetulan juga lagi bulan puasa, jd mikir nya kmana mana wkwk...

oke sudah tau kan bahan yang dipakai apa? ok selanjutnya aku mau kasih tau tools yang dipakai.





Jadi yang diatas yang dipake orang2 ganteng di tangan nya itu merupakan salah satu tool nya. maaf gaada foto full tools lengkap nya hehe, sebenarnya banyak tools nya, ada pisau, alat seperti penitik, lalu penggaris, penghalus, dll, nah yang diatas itu tool yang paling sering aku gunain pada saat workshop, namanya apa kurang tau, yang pasti itu tools satu set sama tools lain nya, nah fungsi nya yaitu untuk menipis kan bagian pada body mobil, membentuk juga bisa,

Jadi pada workshop ini kita di intruksi kan untuk membuat desain mobil alya, namun untuk bemper depan nya kita boleh membuat sesuai kreatifitas kita masing2.

ya awal nya mobil kecil ini hanya segumpal styrofoam yang diberi tumpukan clay, namun dengan sabarnya kita bentuk perlahan, nah ngebentuknya juga gabisa ngasal2 bro, ternyata ada prosedurnya, yaitu kita harus menyelesaikan salah satu sisi dahulu, bebas, mau sisi kanan mobil atau kiri.
nah nanti tinggal di mirror aja. (kaya gampang yah, padahal mah ribet).

di workshop ini aku ga sendirian, aku ditemani 2 orang senior ku yaitu Trinaldo dan bang naufal, yagitu ngerjain nya sambil bercanda aje, jadi agak ketinggalan progres nya sama yg lain. hhahaha

yang lain? siapa aja?

oiya jadi yang mengikuti Workshop ini ga cuma dari kampus aku aja, tapi dari beberapa kampus,
diantaranya Trisakti, ITHB, ITB, Trilogy, UKDW dan kampus saya sendiri yaitu ITENAS....-_-
disini kita juga ga belajar sendiri, kita di latih juga dengan para expert dari Astra Daihatsiu beserta 2 orang jepang yang gaul, yaitu mr Yahman dan mr. Oyama san.




selama mereka disini kita mendapat arahan untuk membuat texture yang benar, lalu cara memotong/ membentuk clay yang baik seperti apa, pokoknya banyak banget ilmu baru yang mereka beri ke kami, apalagi aku sendiri bukan seorang anak design, melainkan anak teknik mesin, merasa beruntung banget gitu bisa ikutan workshop ini, ya walaupun awalnya kurang mengerti...hehe.

yak di bawah ini merupakan situasi pada saat pembuatan desain body dengan clay. nampak nya serius banget yah... padahal mah rilex kok, yg penting rapi dan sesuai dengan aturan pembuatannya..





 Nah di bawah ini aku nunjukin step step jadi nya si mobil Ayla ini...
ga detail sih... kepanjangan banget kalo di terangin disini hahaha....
udah kaya pelatihan ntar.



Pembentukan untuk bentuk dasar mobilnya



setelah jadi sebelah, sebelah nya lagi di buat sesuai dengan mirrornya



Tinggal poles2... :D









Tadaaaa jadi deeeh... Chocolate Ayla.. wkwkwk...




Gimana? keren kan ya? iya keren... tapi bikin nya ga semudah yang kalian bayangkan loh, aku juga kadang males2 gt bikin nya, apalagi pas waktu puasa, duh, males pisaaan....

di akhir acara, kita di suruh untuk membuat presentasi dalam bahasa inggris, lalu di presentasi kan di depan juri gitu.

Dan alhamdulillah semuanya berbuah baik....
dan mantep nya lagi ini dinilai... dan kita dapet juara 2.... yay...!
senangnya...

ya soalnya bisa ngalahin Dosen2 dan mahasiswa dari univ lain...
padahal mah biasa aja, ga ada niatan juara :p.

terus pas di akhir mr. Oyama bilang, kenapa bisa masuk di posisi ke 2..
beliau bilang, "Selain memperhatikan sisi estetika, tim ini memikirkan pula dari sisi engine yang terletak di depan, bisa dilihat tempat masuk udara di bagian depan mobil cukup untuk mendinginkan engine ketika mobil beraselerasi"

yap, dari awal kita mendesain memikirkan pula mesin di dalam nya, kalau saja hanya mementingkan gaya, lalu depan mobil di buat sedemikian rupa sehingga udara sulit masuk, ya percuma juga, bisa mengakibatkan overheat nanti nya.



YAaak ini kita semuanya dari berbagai kampus, dan berbagai usia... wkwk!
sampai jumpa lagi yaaak!
Lucu2 nya seru2 nya gabakal dilupain daaah.
eh iya makan enaknya juga gabakal dilupain deeh ahhahaha!


ettss posting nya belum beres...
nih ku mau kasih tau, kalau di mobil sebenernya gimana sih ngedesain nya?




yap, sekelas lamborgini juga di desain dengan clay dulu, yang nantinya akan di jadikan sebagai cetakan body mobil.



Pengerjaan nya lebih sering menggunakan tenaga manual, namun terkadang menggunakan kerja otomatis pula.


Gimana? keren banget kaaan? skala besar lebih keren , yang pastinya lebih rumit dan capek juga haha...!



Comments

Popular Posts