Pengangguran banyak belajar


Alhamdulillah dengan selesai nya pendidikan S1 saya saat ini saya diberikan kesempatan untuk beristirahat hehehe...
Dalam kata lain jadi pengangguran.
Ya memang kata pengangguran konotasi nya negatif karena pengangguran di mata orang pada umumnya adalah orang yg ga kerja, ga hasilin uang, diem2 aja dirumah, do nothing, dll.
Tapi kenyataan nya tidak...
Ada banyak hal yg dilakukan oleh orang pengangguran. Makanya orang2 menyebutnya dengan pengangguran banyak acara :p.

Pengangguran biasa dialami oleh para sarjana yg baru wisuda, diantara mereka memiliki ipk pas pasan, bad luck tiap apply job, atau mungkin selain karena ipk nya jeblok, dia tidak memiliki softskill berorganisasi yang baik, coba saja misalkan dia unggul salah satu diantara kedua point tersebut pasti perusahaan akan melirik point lebih yg dia punya.

Beberapa pengangguran try harder masukin lamaran kemana aja dulu yang penting gue kerja dan dapet duit dulu , gapenting gue kerja dimana.. beberapa orang adaa aja yang seperti itu, padahal first job bagi seorang fresh graduate itu akan menentukan job2 dia di masa yang akan datang. Kan ga singkron ya kuliah teknik mesin tapi pas nglamar krja keterima jadi supervisor pakan ayam contoh nya, udah gitu kerja nya setengah hati, yg ada dalam setengah hatinya yang penting duit. Setelah dari perusahaan itu dia apply lg ke perusahaan lain jadi maintenance industri otomotif misalnya, kan experiences nya jadi pecah kalau seperti itu, tidak ada experience yg fokus. Sehingga akan sulit bagi dia untuk naik jenjang karirnya. So, choose wisely for your first job.

Dikira orang gaada manfaatnya kalau jadi pengangguran, disisi lain ada terdapat beberapa manfaat yg bisa kita ambil dan lakukan seperti yang saya coba jelaskan di bawah ini.

Manfaat jadi pengangguran fresh graduate :

1. Kita bisa belajar banyak mengenai perusahaan2 yang kita akan apply.

2. Kita bisa banyak gali informasi mengenai pekerjaan2 yg akan dituju, sesuai atau tidak, berapa gajinya, future proof kah? dll.
Sehingga ga asal kerja dan dapat duit.

3. Jadi lebih sering membaca.

4. Punya waktu untuk review mata kuliah yg pernah dipelajari untuk menunjang karir yg akan kita fokuskan.

5. Bisa ambil kursus bahasa inggris atau bahasa lain nya juga boleh, yg pasti akan menunjang karir dan masa depan kamu. Atau mau ambil test toefl? Boleh juga... Untuk wilayah bandung yg mau test toefl bersertifikasi resmi bisa test di BLCI taman sari.. Biaya nya cek sendiri ya di google hehe.

6. Punya waktu memperdalam ilmu agama, dan memperbaikinya, kalian bisa ambil pesantren yg hanya beberapa bulan, atau lebih baik lagi ambil kursus bahasa arab, ya hitung2 akhirat dapat, dunia pun dapat ;). Soalnya kepake banget kalo kalian kerja di timteng sebagai penunjang di CV kalian. Tapi  inget niatkan untuk akhirat ya. Kalau kita niat kan untuk akhirat insyaallah dunia mengikuti. Dengan memperdalam ilmu agama di waktu senggang ini juga kamu jadi siap jadi imam bagi keluarga kecil mu kelak, kapan lagi kan dapatin waktu kosong kaya gini dari pada udah sibuk kerja nanti kan susah ;).

7. Punya waktu untuk ngobrol dan kepoin gaji temen, pekerjaan temen, lalu sertifikasi2 apa aja sih yang bakal menunjang karir kita. Pokoknya ngobrol aja dulu sama temen atau keluarga deket kita. Bisa aja temen atau keluarga kita memberi jalur yg mempermudah kita untuk masuk dan bekerja pada suatu perusahaan.

8. Ada waktu untuk mengikuti sertifikasi kejuruan, banyak yg bisa kita ambil sesuai dengan kejuruan kita, kalau bidang teknik biasanya mengikuti sertifikasi2 tambahan kalau di bandung itu di B4T, di batam bisa ke OTI,  Ikbal M yos untuk sertifikasi oil n gas, atau BSDC untuk bidang otomasi industri dan masih banyak lagi. Banyak yg bisa di ambil sesuai minat kita. Dengan adanya sertifikasi ini nanti nya akan menunjang karir kita.

9. Atau kalau ingin sambil berbisnis bisa mulai dari sekarang untuk merintis.. Mumpung masih nganggur punya banyak waktu luang, yah masalah modal pake yg ada aja dulu. Hehe budget menyesuaikan.

10. Untuk yg perempuan mending belajar masak hehe.. Siapa tau langsung ada yg ngelamar kan. Jadi abis nikah banyak menu makanan yg bisa di suguhin ke keluarga.

Ya mungkin sampai situ aja manfaatnya. Kalau ada manfaat lain yang kamu tau, boleh komen di kolom komentar.

Maka dapat diambil kesimpulan, menjadi pengangguran itu ga senegatif yang kalian kira ada sisi positif bahkan banyak yg bisa kita lakukan :) .

Comments

Popular Posts