Berlabuh di B4T



Menjadi welding inspector aka WI merupakan rencana yang sudah saya persiapkan sejak saya lulus SMK, namun saya sedikit bingung setelah lulus apakah kerja sambil kuliah di batam dengan mengambil D3 Mesin, atau fokus kuliah mengambil S1 mesin di Bandung?

Papa said "udah kerja sambil kuliah aja dulu lalu ambil sertifikasi NDT lalu Welding Inspector" then
Mama said "Kuliah dulu bang nanti kamu malu loh istri abang S1 abang D3".

Finally aku ambil kesimpulan yasudah saya S1 dulu saja lalu ambil WI.

selama kuliah saya tidak pernah menampakkan diri saya bahwa saya tertarik dengan WI karena, itu tujuan saya setelah lulus, bukan tujuan saya saat kuliah. Yang terbesit dalam hati saya di kampus ya mencoba membanggakan atau menaikan nama kampus dengan kemampuan yang saya bisa. saya smk di jurusan mekatronik maka saya kerahkan skill dan kemampuan saya untuk membantu memajukan ataupun membanggakan kampus dengan skill mekatronik yg sudah saya punya seperti menjadi penasihat tim robot yg hanya sebentar lalu bergabung dengan tim mobil hemat energi pada divisi elektrikal, dan yang terakhir yaitu menjadi asisten hidrolik & pneumatic dengan tujuan ingin berbagi ilmu yg telah saya pelajari di smk walaupun hanya sedikit mungkin, yah begitulah...

saya sempat mencari beberapa tempat training WI di indonesia yaitu ada di batam yaitu ikbal m yos dan OTI, lalu ada juga yang di cilegon, di UI, dan di ITS setau saya. rencana setelah wisuda ingin melanjutkan WI di batam yaitu di OTI. namun saya coba searching n surfing di google mana nih training WI yang nomor 1 atau yang tertua di Indonesia, ternyata jawaban nya adalah WI B4T yg lokasi nya ada di Bandung. wah kebetulan nih kata saya dalam hati... mumpung masih di bandung dan ngekos di bandung gimana kalau lanjut aja kesana selesai wisuda.

Singkat nya alhamdulillah april kemarin saya wisuda.
saya langsung menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar.
seperti CV, legalisir ijazah, pas foto, surat sehat dan keterangan tidak buta warna.
Sebelum mendaftar sekitar setahun yang lalu yaitu 2018 sebenarnya saya sudah menghubungi B4T untuk menanyakan detail nya seperti apa, eh akhirnya jadi mendaftar di 2019 hehe...

Welding inspector di B4T emang berbeda dari yang lain nya, diklat di selenggarakan selama 3 bulan dengan final test nya ada oral test nya pula, sedangkan katanya di tempat training lain itu tidak ada oral test looh, gimana ga deg2an tuh ada oral tes segala. Untuk menjadi peserta diklat WI ini kita diharuskan untuk lolos ujian saringan masuk yang diadakan oleh B4T, seleksi nya terbagi menjadi 3 tahap yaitu

1. Tes aptitude
2. Tes Basic Knowledge
3. Tes Buta Warna (langsung di kelas)

per tes ujian saringan masuk dikenakan biaya 150k per orang nya, itu sudah termasuk makan siang.
soal terdiri dari 50 soal pilihan ganda dan 1 essay. kisi2 di beritahu oleh panitia via email sebulan sebelum ujian dilaksanakan.

Pada hari itu pun saya ikuti tes nya dan alhamdulillah kelar juga, seriously saya harap2 cemas karena ada beberapa jawaban yang saya jawab tidak tepat dan sudah pesimis.
rencana nya apabila saya tidak lolos saya mau packing barang untuk pulang ke batam dan ikut WI di Batam saja, tapi ya namanya juga coba2, nyobain dari WI high grade nya dulu atau sepuh nya yaitu B4T, kalau gagal, baru kita pindah posisi ke yang lain hehe..

kita ujian pagi hari.. dan hasilnya di umumkan pada sore hari..
sebagian dari kita tidak ada yang pulang, malah sebagian tiduran di masjid B4T demi nunggu hasil ujian wkwk..

akhirnya waktu sore pun datang kita bergegas ke kelas untuk mendengar pengumuman siapa saja yang lolos dalam ujian saringan B4T periode ini. Untuk periode saya WI yg diterima yaitu sebanyak 40 orang dari berbagai industri dan dari berbagai universitas (terkenal) di Indonesia, bayangin aja gimana deg2an nya nunggu hasil, toh saingan nya berat2 brooo. apalah saya hanya fresh graduate dari univ swasta without experiences.. tapi ah pede aja...

di kelas itu satu per satu nama dipanggil, manaaa ya nama saya kok gaada. saya harap2 cemas lagi dan udah fix planing bakal packing barang setelah ini. pertama2 yang ingin saya packing adalah buku karna banyak sekali lalu baju2 wkwk....

daaan akhirnya  Naufal Fauzian Ramadhan!

akhirnya....!!!! dalam hati "Alhamdulillah kaga jadi packing, packing barang capek kwkwk"
langsung hari itu lapor ke papap, dan betapa bangga nya beliau mendengar saya lolos tes.

dari 53 orang yang mendaftar tersaring 40 orang yang diterima di kelas IWIP (International Welding Inspection Personnel). saya jujur kasihan ada yang memiliki buta warna parsial tapi tetep teguh untuk bisa ikutan tes, tapi ya bukan rezeki, akhirnya dia tidak lolos pada tes buta warna dan saya kasihan juga ngeliat ada yang sampai ditungguin orang tuanya untuk tes, kelihatan nya sih orang luar bandung, bahkan ada yang udah jauh2 naik kereta dari jawa tengah sampai bandung pagi2 lalu langsung tes di B4T tapi ga lolos, tapi saya yakin rezeki ga kemana, buat yang ga lolos pasti tetep ada rezekinya walau bukan di B4T. sooo jangan bersedih, masih ada lokasi pelatihan WI selain di B4T.

Smile :)








Comments

  1. Assalamualaikum kak ....
    Boleh saya minta nomer WA.nya ...
    Saya mau tahu informasi di B4T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. Gimana masih butuh infonya? Sorry baru ngeliat ada komentar. Kalo mau tau add fb saya aja.

      Delete
  2. Asalamualaikum bang naufal,
    Salam kenal saya resky,
    Boleh di acc friend facebook ? Atau jika boleh minta nomor WA,
    Mau nannya tentang WI b4t..
    Makasi maaf menganggu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum, selamat pagi salam kenal saya furi saya izin mas boleh nanya2 tentang WI di B4T kepada kalian yg ada disini hehe ?

      Delete
  3. Mas Salam kenal, boleh minta emailnya untuk tanya-tanya?

    ReplyDelete
  4. Mas untuk tes butawarnanya itu pakai plate yang berapa mas ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts