Welding Inspector 94

Tulisan ini di buat untuk mengenang masa masa study saat training Welding Inspector di B4T, banyak sekali kenangan dan pembelajaran yang didapat disini.




Di dalam satu kelas WI angkatan 94 ini berjumlah 42 orang, katanya sih termasuk angkatan yang peserta nya terbanyak. tapi walau begitu dalam 42 orang ini isi nya saya akui orang nya hebat2 semua, ada yang berlatar belakang S2 dari manchester, ada yang sudah berpengalaman berkecimpung di offshore, bahkan hingga yang berlatar belakang teknik elektro dan teknik pertanian (lebih ke mechanical :D), dan masih banyak latar belakang lainnya. gw salah satu fresh graduate sangat2 merasa beruntung dan dapet banyak ilmu dari temen temen yang sudah berpengalaman.

Jadwal masuk untuk diklat WI ini yaitu pukul 08.00 WIB. Di bulan pertama dan kedua gw rajin naik sepeda dari kosan ke lokasi diklat sekitar 4.7 km. lumayan sih capek dan agak ribet karena sampai b4t gw harus ganti kaos karena sampai tkp kaos udah kuyup banget, tapi ya demi menghemat uang jajan  yaudah mau gimana lagi, kalau gojek tiap hari kan tekor juga dompet.
Sebelum masuk ke kelas biasanya w dan temen2 suka nongkrong dulu di kantin, biasanya makan gorengan plus lontong. asli gorengan nya mantep, apalagi tempe goreng dan pisang goreng nya, favorite pisan lah pokoknya, ampe nagih hehe. Diet? apa itu diet! hahaha...

Minggu pertama kita hanya belajar seperti biasa, seminggu kemudian mulai lah ada ujian, dan w kira ujian nya ya seminggu sekali gitu, ternyata sampe 3x dalam seminggu, bahkan kalau misalnya kita re test karena ujian ga lulus itu dalam seminggu isinya ujian aja terus wkwk. ujian biasanya dilakukan pukul 08.00 pagi begitu juga kalau retest, apabila ada yang ga retest bisa masuk jam 9 yaitu saat jadwal coffee break. oiya disini coffee break 2x yaitu pagi jam 9an dan sore jam 3, untuk makan siang yaitu jam 11.45 sekalian istirahat shalat, hingga jam 13.00 masuk kembali ke kelas.

Makan siaaaaang! waktu makan siang adalah waktu yang paling ditunggu tunggu, bikin
kita selalu lihat jam wkwkwk....pokoke josss! ada buah nya juga... 


Ini menu coffee break, tiap sesi dan tiap hari ganti2 menu kok 
sama kaya makan siang, dijamin ga ngebosenin

Saat jam makan atau coffee break ada aja pembahasan yang di bicarakan, mulai dari kehidupan, sampai pengalaman, apalagi kalau ngobrol sama yang dari perusahaan, beuh itu pengalaman2 nya di ceritain semua... ada yang punya sertifikasi IRATA di ceritain manjat2 storage tank 30 m, ada yang punya sertifikat BOSIET untuk ke offshore kang Deni namanya, dan masih banyak lagi. jadi tiap menit disini berharga banget, karena tiap ngobrol pasti ada ilmu yang nambah, terlebih kalau ada yang  satu ini dateng, jadi tiap ada dia ni adaaa aja yang di bahas ama dia, bang Wanda namanya, ga pernah kehabisan topik.
Ini Bang Wanda. Makan Baang! hahahahah!
Kalo udah ngebahas makanan kaga ada habisnye.. lanjut ah.. jadi laper ane.

Salah satu materi disini yaitu mengenai standard and code, baik untuk welding qualification, welding performance, DT, NDT, bahkan untuk pembuatan pipe serta boiler & Pressure vessel. Untuk mempelajari nya dibutuhkan beberapa standard diantaranya ASME , AWS, ISO, serta API.
standard dan materi diklat diberikan berupa softfile yang diberikan oleh panitia dalam sebuah flash disk, serta untuk kegiatan belajar secara langsung panitia meminjamkan hardcopy beberapa standard, yang tebel nya lumayan bisa jadi sandaran bagi anda2 yang kesepian.


Ini saya dan standard bagaikan air dan minyak selalu dekat tapi tak pernah bersatu 

Suasana ruang kelas penuh dengan standard book dan kenangan

Selama jam belajar seperti biasa halnya kuliah namun enak nya disini gatau kenapa dosen dosen nya sangat terbuka dengan pertanyaan, dan bahkan kalo tidak bertanya biasanya kita suka di singgung "ga ada yang nanya yah udah pinter". beda kalo di kampus -_-, dulu gw nanya di marahin wkwkwk ga semua dosen sih ada beberapa. Yang paling super tuh disini pengajar nya adalah orang2 yang udah ahli banget di bidang nya, seperti profesor Rohim suratman dari ITB, pak Eduar soeryanto dari Batam, pak Ayi Yudia Bakti IWS ANB, pak Yasir NDT level III, hingga penulis buku welding inspector dan buku inspeksi teknik yang sering banget kita lihat yaitu bapak Sri widharto, kebetulan juga di rumah ada buku beliau.


Ini salah satu nya yang ada di rumah, udah lama banget wkwk baru sadar sekarang
kalau beliau mengajar di kelas gw hehe...


Foto bareng pak Eduar

Selain belajar di kelas kita juga belajar di workshop untuk melakukan praktek, seperti praktek las dan praktek uji DT atau NDT bahkan kita juga belajar mengenai micro etch.
Ngelas luurrrrrs
Melihat langsung struktur micro dari baja yang telah di etching


Simulasi SMAW



Pemotongan material untuk uji DT berdasarkan ASME IX


Hasil side bend test



Hasil tensile test


Side bending process
Untuk NDT nya kita mempelajari MT,PT,UT, serta RI, selain di kelas kita pun langsung terjun untuk praktik nya.

PT Fluorescence
Latihan UT, Bang wanda beraksi!

Radiography test SWSI (Single Wall Single Image)

                
Suasana saat pencucian film di dalam dark room, etss jangan coba2 nyalain lampu ya..

Banyak bet cacatnya, film cacat, lasan pun banyak cacatnya


Latihan film IIW


Untuk praktik RI disini kita dikasih ilmu dari cara penembakan gamma sesuai dengan standard hingga mencuci film sampai interpretasi nya kita diajarin, lengkap banget deh pokoknya. ga nyesel dah.

Belajar disini menurut gw sangat padet banget jadwal nya, capek iya karena mikir terus kan waktu jam pelajaran, maka dari itu kita harus jaga stamina dan harus menjaga tidur kita, gw ama temen2 tiap jam istirahat terkadang memanfaatkan jam istirahat yang tersisa untuk tidur, dan kalau udah pulang kekosan biasanya suka pada pijet.

                 
Tidur di waktu istirahat agar badan fit waktu jam belajar

Pijit bisa menjadi alternatif terbaik kalau badan capek
Kerokan apalagi. Zaki si spesialis pijat certified

lanjot ah!

selama training kita ga cuma belajar di kelas dan workshop, karena kita sadar ujian itu hampir tiap hari jadi kita biasanya suka ngadain belajar bareng, gantian sih biasanya pertama dikosan a lalu kosan b, nah yang paling sering dipakai di angkatan kita ni adalah mess nya mas Azhar dari  PT.INKA. mas Azhar ni orang nya selalu siap, siap menyediakan tempat salah satunya :D. tapi ada salah satu temen saya yang hampir ga pernah belajar bareng, bahkan belajar untuk ujian aja ga pernah yaitu mas Alfredo  salah satu motto hidup nya yang fenomenal di angkatan ini adalah "ngapain belajar kalau retest" dan itu terbukti guys, namun pada akhirnya dia retest juga wkwk jarang banget sih tapi :D.


Ini Dian dan wisnu selalu bersama, kosan juga bersama.
lokasi : Mess INKA 
Ini belajar dikosan A

Ini belajar di kosan B


Ini belajar di McD

Di bulan ke 3 kita di jadwalkan untuk kunjungan industri, untuk kali ini kita berkunjung ke dua perusahaan yang ada di jakarta, yang pertama PT.BAJANAS, yaitu pt yang memproduksi elektroda, disana kita di beri pengetahuan bagaimana proses pembuatan elektroda, disana kita juga  refresh ilmu yang udah kita pelajari, soalnya bapak yang ngasih presentasi nya nanya nanya mulu, jadi mau ga mau kita dipaksa berfikir kembali mengingat apa aja yang telah kita pelajari ya walaupun sedikit2 lupa hehehe.
Di PT.BAJANAS


Selanjutnya yang kedua kita berkunjung ke PT. Kokoh Semesta dimana perusahaan ini merupakan perusahaan fabrikasi produknya yaitu boiler, Pressure vessel dan lain lain, kebetulan kemarin kita di perlihatkan proses produksi pembuatan pressure vessel, disana kita langsung study kasus, misal ini di lasan ada cacat kira2 reject atau tidak, lalu lasan dengan gap yang dibuat welder ini kenapa lebar nya demikian? apakah benar begitu? lalu apa boleh nozzle di pasang memotong lasan ? dan pertanyaan lain nya. Semua pertanyaan terjawab bersama disana jadi lebih enak ketimbang duduk dikelas dan berimajinasi untuk ngebayangin nya. intinya learning by doing jon!


Gaada saya disini gausah dicari
Boiler. photo by Adam Levine
Pembahasan tambahan dari hasil pantau di lapangan
Lumayan banyak pelajaran yang bisa diambil dari KI yang cuma sehari ini. sudah sedikit terbayang bagaimana pekerjaan yang akan dilakukan nanti, tinggal kita aja nanti yang mengaplikasikan di lapangan.


Tidak terasa waktu tinggal menghitung hari hingga sampai lah kita di penghujung kegiatan yaitu UJIAN, ujian disini di bagi 3 yang pertama, ujian WI lokal B4T lalu ujian IIW (International Institute of Welding) yang disertai dengan ujian praktek dan oral nya.


Nah ini foto sebelum pertempuran ujian written dimulai, lepas penat dikit...


Ada yang unik juga disini, sehari sebelum ujian masing2 orang di beri akrilik nama untuk ujian besoknya, akrilik ini harus dibawa kemana saja kita masuk ruang ujian, baik ujian B4T,IIW, maupun ke ruangan2 prakteknya hingga pada saat oral test, dan kalau kita tidak membawa nya alhasil kita tidak diperbolehkan mengikuti ujian. Ada pelajaran yang dapat kita ambil disini yaitu agar kita disiplin.

Ga boleh hilang !
Dan yang paling beda kayanya cuma disini yang ujian WI nya ada ujian oral, jadi di ujian oral ini kita mempertanggung jawabkan hasil ujian yang kemarin kita tulis saat ujian written, di depan penguji. deg2an? pasti lah...wkwk.

Disaat minggu2 ujian, ruang belajar harus bersih dari yang namanya hardcopy standard dan harus di letakan di ruang sebelah, ruang sebelah ini lah yang menjadi saksi sejarah terakhir dan menjadi room of war during exam kalo kata gw sih hehe, soalnya ada apa2 kita discuss nya di ruangan ini selama  minggu ujian.


Bersih dari standard book


Ini bukan ruangan belajar seperti biasa, ini lebih ke room of war during exam hehe...
Setelah serangkaian ujian selesai kita mengumpulkan uang untuk menyewa villa di Ciater dengan tujuan refreshing, sekaligus acara perpisahan, karena udah gaada waktu lagi setelah ujian selesai kita langsung caw ke Ciater, soalnya setelah penutupan bapak2 yang udah kerja langsung pada caw ke daerah tempat kerja masing2.

Acara nya pertama diisi dengan sharing serta pesan dan kesan selama di WI 94, setelah itu kita salam2an dan saling berpelukan hehe... haru pokoknya gabakal dilupain deh, setelah itu dilanjut acara bebas, ada yang berendam bareng, ada yang karokean, ada yang sibuk ngemil / ngopi, pokoknya refreshing dah.



Mulai haru gaaaan

Ngincar sosis nya sih dari pada jagung nya


Sharing session

Rendam2 cantique (yang di ban itu namanya Aldy)


Selesai sudah acara haru2 dan happy2 nya, sampailah kita di hari terakhir.
hari terakhir yang gw maksud yaitu hari acara penutupan, acara ditutup dengan pengumuman lulus atau tidak nya serta pengumuman  juara 1 dan 2 nilai tertinggi, gw sih kaga deg2an siapa yg juara 1 atau 2 soalnya ga mungkin wkwkwk pernah retest soalnya. yang bikin deg2an tu pengumuman lulus ngga nya cuy, keringat dingin, kaki gerak2 terus sepanjang penutupan. oiya juara 1 nya itu udah ketahuan dari awal soalnya beliau ni kalo ujian hampir ga pernah retest, setau gw dia retest cuma 1x, mas Irfan namanya, captain nya 94 alias ketua kelas kite, udah ketua kelas, juara 1 pula. nah yang kedua namanya pak apit atau anak2 sebut biasanya ASNT (Apit Suriana N Team) hehe... ga di duga2 ternyata pa apit juara ke dua nya. beliau ni mau retest atau ga bawaan nya santai dan senyum selalu, mungkin kita yang ga dapet juara harus belajar santai dari beliau :D.


Capn 94, juara 1, the best lah!


Juara 1 (mas Irfan) dan Juara 2 (Pak Apit) 


Selesai sudah rangkaian training selama 3 bulan. senang, sedih, was was, santai, telat masuk, di tokok instruktur, di marahin, di jailin temen, di jadiin stiker semuanya jadi satu di WI 94. pokoknya lebih ke W kata bang don. WI 94!

Mohon maaf dari saya pabila banyak salah ke bapak2 semua, insyaallah kita ketemu lagi di lapangan, sukses WI 94!













Comments

  1. Freechip 17 Agustus Game Slot Tanpa Deposit 2020

    • Bonus Rp 10.000,- Tanpa Deposit
    • Daftar wajib gunakan data yang valid untuk akun SLOT
    • Isi kolom referrral : Bonus Kemerdekaan S128cash
    • Claim bonus cukup 1x selama periode antrian (1 Agustus - 16 Agustus 2020)
    • Bonus dibagikan tanggal 17 Agustus 2020, mulai dari 00.01 wib.
    • Bonus bisa dipindahkan dengan minimal Pindah Dana Rp 25.000,-
    • Bonus bisa diwithdraw/ tarik dengan minimal Rp 50.000,-
    • Bonus hanya untuk game slot saja
    • Akun yang di daftarkan sepenuhnya milik pemain yang bersangkutan
    • Bonus terbatas hanya untuk 1708 pemain tercepat saja
    • Jika Terjadi Kecurangan, Maka Admin Berhak Untuk Tindak Tegas.
    • Keputusan Admin S1288POKER Bersifat Mutlak.

    Jika Syarat dan Ketentuan diatas sudah dimengerti, silahkan isi data diri kamu dengan klik Link dibawah ini.

    • Daftar >> Freechip Gratis

    s128cash
    s1288poker

    ReplyDelete
  2. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021

    MBO128 BANDAR TOGEL TERPERCAYA 2021

    Masih Bingung untuk cari Situs togel online terpercaya?
    Yung langsung gabung di Agen Togel Terpercaya MBO128
    Menyediakan permainan Togel dengan pasaran yang lengkap

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/togel

    Banyak juga permainan lainnya, Langsung daftar melalui link di bawah :
    https://mbo128.net/register/FAC48C4A

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :
    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA
    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )
    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts