Sahabat Lanang Celup

Pada bulan februari kemarin saya mengikuti sertifikasi MT/PT ASNT Level II di Offshore Technology Institute kota Batam untuk menunjang karir saya sebagai Welding Inspector. Sertifikasi ini dilakukan selama 1 bulan.

Dalam pembelajaran, kita di berikan 1 bundle modul yang sudah berisikan materi MT/PT, baik general (pengetahuan umum) maupun specific (prosedure & standard).

Selama pembelajaran 1 bulan ini kami diajar oleh instruktur2 yang berpengalaman plus orang lapangan langsung dari perusahaan. Instruktur pertama yang mengajar yaitu pak Eri Suadi, beliau merupakan QC coordinator di NOV profab Batam, beliau mengajarkan kami beberapa mata pelajaran diantaranya PT general dan standard nya. lalu instruktur kedua yaitu bapak Mual sihombing, beliau adalah QC berpengalaman yang saat ini bekerja di McDermott Batam, beliau mengajarkan kami MT general dan standard.

Saat ini saya telah memasuki training MT/PT batch ke 42, dalam satu kelas batch 42 ini terdiri dari 13 orang, yang isinya terdiri dari orang2 luar biasa yang mana kebanyakan adalah welder2 muda, bisa dibilang masih adik2 saya lah hehe, serta ada pula yang diatas umur saya, ada asisten QC juga, serta ada pula fresh graduate yang mengikuti training ini.

Disini saya mendapat banyak temen baru, friends with benefit tentunya wkwkwk soalnya masing2 dari mereka adalah link saya untuk bekerja kedepannya. disini tuh ada 4 orang welder dari Caterpillar yaitu Rahmat, Yogi, Zulkifli, dan pak La Saidi. Lalu 2 orang welder dari  NOV yaitu Rizky dan Aziz,  ke 6 orang itu masih muda kira kira 2 atau 3 tahun dibawah saya umurnya. hebatnya diantara mereka ada yang udah certified CSWIP, Manteeep!

Salut kadang liat welder2 ni dateng training  abis pulang kerja capek2 langsung hajar sertifikasi, ga jarang liat mereka  mata merah berair masih dateng sertifikasi wkwk, "mata ko kenapa?" "biasa, short bang wkwk"

Welder yang tidak selamanya jadi welder, btw yang tengah udah naik jadi QC abis sertifikasi wkwk.

Selanjutnya ada petter fresh graduate dari akademi migas balongan yang menyukai mie aceh, Daniel yang seangkatan sama saya juga tapi udah kerja, hobi nya main PES dan pake jaket Freeport :p. lalu ada bang Ilham fitter mantap berpengalaman di saipem, beliau orang karimun. Lalu bang Andi assisten QC di SMOE yang selalu diam dan cool asal makasar. Lalu ada bang nanda yang juga selalu cool dan misterius, selanjutnya ada babang tamfan zulkifli QC shipyard yang selalu ngoceh gabisa diam suka tiba2 bilang "pulang kita?" padahal masih pertengahan pelajaran.

Dalam pembelajaran MT/PT ini pastinya ada pelajaran praktek, praktek diawali dengan PT (Penetrant Test), disini kita di bagi beberapa kelompok, masing2 kelompok terdiri dari 2 orang. Saat praktek PT ini kita langsung menerapkan prosedur PT sesuai dengan standar yang dipakai, yang mana umum nya dilakukan pertama kali yaitu proses pre cleaning, lalu aplikasikan penetran hingga tepat waktu dwell time yaitu 10 menit, selanjutnya penetrant removal dengan solvent untuk membersihkan excess penetrant, lalu aplikasikan developer pada benda yang di inspeksi, tunggu hingga 7 menit waktu developing time, selanjutnya lakukan interpretasi cacat pada area yang di inspeksi.

Yogi dan Bang Ilham lagi nunggu dwell time

capek bang jongkok dulu bentar, yang belakang M.Zulkifli namanya

lagi dwell time ceritanya.. btw yang batik hijau namanya ikram, kocak bat orang nya :D

M.Zulkifli, saya, pak la saidi, dan rahmat. dengan ini
 kami mempersembahkan strawberry jam steel cake :P.

Selama di OTI ini banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil. Selain pelajaran mengenai MT/PT, saya juga belajar dari adik2 welder mengenai bagaimana kondisi welder di lapangan terhadap QC,dan bang ilham  mengenai pipa dan kegiatan seorang fitter, dan lain2.
Selain di kelas, kita juga sempet nongkrong di cafe cuma untuk sharing2, itupun kita pakai saat waktu libur. Soalnya kelas sertifikasi ini dilaksanakan malam hari dari pukul 19.30 hingga pukul 23.00, pagi nya bapak2 dan temen2 lainnya kerja, minggu belum tentu pada libur, jadi ya pakai waktu malem selagi libur aja buat nyantai bareng, soalnya waktu sempit banget cuma sebulan, setelah itu ya mulai sibuk masing2 pastinya.

Traktiran ngopi dari rahmat 

Btw kenapa judulnya sahabat lanang celup, jadi begini sejarahnya...
jadi pak Eri selaku instruktur kami suka bertanya mengenai materi2 yang lalu, tapi kita menjawabnya tidak pernah kompak dan terbata2 kaya orang lupa gitu.. jadi beliau suka bilang " heeeh kalian ini memang lah, Lanang Celup! LAmbat NANGkap CEpat LUPa!". selain itu juga kadang disebut onta. karena onta itu biasanya selalu bawa buku tapi tak pernah di baca. wkwk ada ada aja ya. Tapi dari situ kita bisa introspeksi diri sih.. jadi ke trigger biar selalu me refresh pelajaran yang sudah2 agar tidak lupa.

Singkat cerita kita berada di penghujung training yaitu final exam. final exam di bagi menjadi 2 yaitu final exam khusus PT dan final exam khusus MT, lalu di bagi lagi dari kedua point tersebut masing2 nya ada ujian general, specific, dan praktik nya.

Setelah rangkaian ujian selesai kita foto2 bareng di depan OTI untuk mengabadikan kebersamaan selama 1 bulan kemarin.


Ya pada akhirnya beres juga rangkaian training/sertifikasi di Offshore Technology Institute ini, inshaallah kedepan nya kita bisa saling membantu dan tidak lupa satu sama lain. MT/PT 42 juara! wkwkwk









Comments

Post a Comment

Popular Posts