Awal Kuliah di Teknik Mesin

Kali ini aku akan berbagi cerita dengan kamu tentang perkuliahan aku di ITENAS, yang bisa dibilang, yah baru stengah semesteran laah.

Jujur di kampus aku gak ada yang namanya masa orientasi, jadi, pada waktu itu, sebagai pengganti orientasi, kami para mahasiswa dalam 2 minggu itu mengikuti aktivitas SKK sebagai penggantinya, SKK itu adalah Sistem Kredit Kemahasiswaan, yang merupakan sistem takaran sejauh mana mahasiswa memiliki keterampilan, tingkat prestasi dalam kegiatan, hingga pengalaman yang bertujuan agar mahasiswa memiliki potensi yang memadai dan optimal sebagai lulusan ITENAS.

Jadi kegiatannya itu kaya ada pelatihan gitu dikampus, seperti acara motivasi, kewirausahaan, kepemimpinan, dan hal hal mendidik lain, nya yang pasti membangun karakter kita sebagai mahasiswa yang akan aktif di lingkungan nantinya.

Sampai2 ada yang bilang begini nih....


Heheheh... gausah dimasukin ke hati.. ini saking gaada nya orientasi kampus.. wkwkkwk


Namun begitu yang namanya senioritas tetap lah ada di kampus ini... dimana wadah nya? yak kalo kamu kuliah di itenas ntar kalian bakal berjumpa dengan sistem senioritas ketika masuk ke dalam Unit Mahasiswa, atau pun itu Himpunan jurusan di Itenas. tenang aja.. senioritas itu mendidik kok... hehehe asal ambil positif nya aja...

Teknik Mesin merupakan jurusan saya di Itenas, Saya mengambil jurusan ini karena umum, nantinya mesin itu bisa di tempatkan dimana saja, seperti tunas kelapa, dimana saja dia di tempat kan pasti akan tumbuh dan berkembang. di teknik mesin Itenas mata kuliah nya lebih condong ke otomotif, wajar saja, karena di bandung mayoritas industrinya otomotif, contoh Toyota 2000. tapi tenang guys, lulusan dari mesin itenas gak kerja di otomotif aja kok.... di perminyakan, di pertambangan, dan manufaktur pun ada, dari yg level nya supervisor sampai manager bahkan direktur pun ada.  saya sendiri niat nya setelah lulus in shaa Allah ambil sertivikasi WI dahulu di B4T bandung.

Dalam dunia perkuliahan, kita tuh jangan hanya tok kuliah aja deh... tapi barengin juga dengan kegiatan himpunan jurusan, karena di himpunan jurusan, kita bisa mendapatkan banyak teman atau relasi, baik itu dengan teman seangkatan, senior, bahkan alumni.. siapa tau disaat kita melamar kerja nanti, ada almuni yang menjadi atasan, kan kita bisa dibantu.. begitu juga sebaliknya.

Alhamdulillah sejauh ini saya mendapatkan banyak teman yang alhamdulillah semuanya ramah... pokoknya dalam hal berteman juga harus pandai pilih2 lah, maksudnya pilih2 yang mana yg positif dan negatif, jangan sampai terjerumus, apalagi yang rantauan, sangat rentan dengan pergaulan yang bebas.

sekian..:)
#CeritaKampus1



Comments

  1. Tahun 2015 Teknik Mesin ada berapa kelas ? Tiap Kelas berapa orang ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kelas nya saya ga bisa prediksikan, tapi di Mesin Itenas tahun 2013 dan 2014 kemarin itu kelasnya dari kelas A-F yang berisikan kurang lebih 30 mahasiswa didalamnya. tapi beriring waktu biasanya dalam 1 kelas tidak 30 lagi, paling cuma 20 atau 10 mahasiswa.. karena seleksi alam. makanya untuk masuk ke jurusan mesin perlu difikirkan matang2 yaaa ;) , jangan sampai berhenti ditengah jalan...

      Delete
  2. bang saya mau daftar jadi mahasiswa tenik mesin ITENAS , gimana caranya ?? oh iya gimana dapetin IPK di tenas gampang ga ? rata2 IPK anak mesin ITENAS berapa ya ?? wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi gini lip... kamu bisa masuk melalui jalur PMDK, USM atau One Day Test. kalau kamu punya bakat atau prestasi saya sarankan coba jalur PMDK, karna besar kemungkinan mu untuk masuk jika mempunyai prestasi yg ok.Untuk mendapatkan IPK yang baik, jika kamu kurang di akademik, jangan paksakan... tapi, buatlah strategi kuliah kamu, ya mungkin dari jumlah sks kamu, atau bisa dari manajemen waktu kamu.. begitu, Medu!

      Delete
  3. Bang kalu di teknik mesin itu apakah ada pembagianya lagi? karena saat saya mau daftar ke ITENAS teman saya menyarankan untuk survey dulu mengenai Teknik mesin dan memastikan teknik mesin apa. saya minat di konversi energy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di ITENAS sendiri itu teknik mesin nya umum. tapi nanti di semester 7 itu ada matakuliah pilihan (bukan penjurusan) seperti teknik pengelasan, pengecoran, dan energi terbarukan. untuk konversi energi sendiri itu menjadi mata kuliah dan praktikum disini tepatnya pada semester 7. saya saranin kalau mau menjurus di konversi energi nya saja bisa masuk ke jurusan teknik konversi energi salah satu nya ada di politeknik negeri Bandung. semoga membantu :)

      Delete
  4. ka dulu masuknya lewat pmdk atau usm? kalo pas usm soalnya susah gak sih? setara sama sbmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kk dulu masuk Itenas lewat Jalur ODT (One Day Test)
      dan kesukaran soalnya dibawah sbmptn. mungkin sama dengan jalur USM .
      semoga membantu :)

      Delete
  5. sekarang puas gak di jur. mesin dengan status jomblo gmana ?

    ReplyDelete
  6. Butuh waktu berapa lama agar maba mesin itenas bisa dapat Jahim mereka kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari panitia penyelenggara dan nilai loyalitas kita. :)

      Delete
  7. gan, infonya sangat bermafaat...
    sukses terus yaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts