Lomba PLC ITB 2016

Tim dari Teknik Mesin ITENAS
bang Widdy, bang Kaolan, saya, dan bang Roby (main hape wae :D)
Sesuai dengan judul diatas kali ini aku mau sedikit bercerita...
tentang first time i join PLC competition di ITB. eeetdaaah bahasa inggreeess... :D

loh kok bisa ya? padahal kan ini PLC pelajaran aku waktu stm dulu,..
bisa dong.. gue gituloh... jadi di teknik mesin Itenas bandung ada lab Hidrolik dan pneumatik, nah salah satu modul pembelajaran disana ada yang menggunakan PLC. dan kebetulan saya sudah berpengalaman dengan basic PLC maka dari itu beberapa asisten dari lab hidrolik dan pneumatik percaya pada saya untuk bergabung membentuk tim dan berlomba  di ITB. tapi jujur saja sih sudah lupa2 tentang ladder diagram PLC nya.. tp gpp deh.. yang penting ada usaha, proses, dan tak lupa untuk selalu belajar :). oiya lupa yang paling penting banget ya kita harus jadi anak himpunan dong... hahaha. 

kita mengikuti beberapa runtutan acara yaitu technical meeting yang diadakan seminggu sebelum perlombaan, dalam technical meeting tersebut kita diberi beberapa CD installer software TIA portal siemens, yang mana TIA portal ini lah software yang akan digunakan dalam memprogram PLC nya nanti. oiya, PLC yang digunakan yaitu PLC Siemens S7-1500, ini merupakan seri terbaru dari PLC siemens, yang mana seri sebelumnya yaitu S7-1200.


PLC S7-1500
PLC S7-1500
dalam pelatihan ini kita diberi tau cara menggunakan software nya tetapi tak secara mendetail.. jadi kita sebagai orang awam dalam menggunakan PLC siemens ini agak puyeng juga...ahaha... soalnya di lab kita menggunakan PLC schneider yang relatif lebih mudah ketimbang PLC siemens yang high end ini. tapi gpp ini merupakan pelajaran bagi kita tim dari lab hidrolik dan pneumatik teknik mesin itenas untuk lebih maju mengikuti teknologi yang ada agar tidak kalah saing... ;). 

Pada hari H perlombaan kita diberikan kartu peserta dan beberapa misi pun diberikan pada kita, yaitu harus mendengarkan seminar per topik slide, baru bisa dapat sertifikat ketika sudah melewati minimal 5 topik slide dan itu juga harus di cap, sebagai tanda bukti... hmmm unik. untung tadi saya lengkap wkwkwk. lumayan entar dapet 2 sertivikat (peserta workshop & peserta lomba)



 setelah itu kita juga mendengarkan beberapa sambutan dari Instansi terkait berikut photo2 nya





setelah beberapa sambutan selesai, saya dan tim mencoba lihat kembali di sesi  berapa kita bertanding (lupa sih :p) oalah kita kedapetan bertanding di sore hari yaitu pukul 16.00... boa edaaan lama bangeeet... wkwkwk.. yaudadeh gpp sambil nunggu kita juga sambil dengerin seminar.. dan ga lupa juga kita bertanya2 sama bapak2 siemens yang ada di stand pameran biar lebih dapet ilmunya.





alat tersebut merupakan alat yang dipamerkan yaitu HMI (Human Machine Interface) dengan menggunakan PLC S7-1500. Yang saya tangkep disini jadi HMI ini yaitu berupa layar monitor yang terhubung dengan PLC. awal nya PLC ini kosong, lalu kita isi dengan program. lalu hasilnya bisa dilihat pada monitor yg ada.

selanjutnya ada alat berupa Trainer PLC, namun di sini menggunakan PLC seri terdahulu, yaitu PLC S7-1200. 




dalam alat ini terdapat satu buah inverter, satu buah PLC s7-1200, dan 1 buah motor listrik.
menurut saya Trainer ini sangat recommended buat lab hidrolik & pneumatik di Itenas, karena dengan trainer ini kita bisa bermain dengan input beberapa switch, output motor, dan beberapa LED, dan juga ukuran yang tidak terlalu besar juga dapat mengehemat space di lab... nice banget lah pokoknya :)

setelah itu waktu sudah menunjukan pukul 16.00 saat nya masuk ruang karantina, kita menunggu ruangan lomba siap. setelah itu kita masuk ruang lomba dan diberi soal, aku yakin dengan soal lomba yang aku baca, aku bisa buat, tapi yaaaah gitu deeh... haha bisa kok bisaa :p. hanya saja ada beberapa permasalahan pada pemasangan timer dan counter nya... hehe.. faktor lupa siih... next evaluasi, dan harus ditingkatkan ;). tahun depan di ITS tuh katanya.. prepare deeeh hihi...;)

oiya saat lomba ini aku secara tidak sengaja bertemu dengan teman2 se SMK dulu yaitu SMKN 1 BATAM, sejurusan pula tuuuh.. hahaha,, jadi dalam acara ini selain kita lomba, kita juga sekalian reuni wkwkwk...


aku dari Itenas :) (kiri) Tika dari UNP (tengah) Denny dari UBAYA (kanan)
 seneng banget rasanya bisa berkompetisi bareng2 temen seperjuangan dulu. terus maju dan berinovasi teman!!!

begitu lah serunya perlombaan PLC yang baru pertama saya ikuti, seneng, gemeter, nervous, kaget.. gabung deh jadi satu. oiya kira2 saya menang gak ya???? haha kaya nya ngga deh. tapi ya huznuzon aja deh... in shaa allah yg terbaik. ;)

Comments

Popular Posts