Flow Proses Fabrikasi



Berikut merupakan flow proses atau alur proses dari suatu fabrikasi yang di share langsung oleh bapak Bernard Situmorang seorang piping superintendent pt.Meindo.

Flow proses fabrikasi:
1. Raw material datang ke workshop dan setelah proses hand over surat jalan maka material man menyimpan di pipe rack atau warehouse stored.
2. Material tersebut akan di cek untuk visual, dimensional, quantity dan datasheet oleh QC bersama material man dan melaporkan kepada QC Reps client.
3. Selesai serah terima material kepada fabrikasi spv maka material tersebut siap untuk di fabrikasi sesuai dengan drawing approval client.
4. Material tersebut akan di potong lalu di fit-up oleh pipe fitter dan di setujui dari QC untuk dimensional, orientasi dari material tersebut bisa di welding. Fabrikasi spv juga akan memonitor dari total joint berdasarkan welding map yang di buat team engineering.
5. Selesai welding maka akan masuk ke NDT.
6. Selesai NDT masuk ke hydrotest untuk mengetahui kekuatan integrity dari welding tersebut jika structure langsung ke blasting.
7. Selesai hydrotest maka spool tersebut ke blasting dimana seluruh permukaan dari spool atau structure tersebut akan dikelupas dengan tembakan pasir bertekanan tinggi dan setelah itu ke painting dan pemilihan warna dari standard approval client.
8. Selesai blasting & painting maka spool atau structure tersebut masuk ke area packaging dimana disini untuk pekerjaan marking dan wrapping dari pipe spool atau structure.


Sumber : https://www.linkedin.com/posts/bernard-situmorang-66a00832_flow-proses-fabrikasi-1row-material-datang-activity-6665415667795263488-c7If


Comments

Popular Posts