Job Seeker Milestone

 
Bulan januari 2020, bulan dimana gw kembali menginjakkan kaki di Pulau Batam untuk mencari pekerjaan.

Lamaran yang berhubungan dengan QC/WI w coba email ke perusahaan yang membutuhkan, hasilnya di bulan ini ada 2 cv yang diterima dan lanjut interview.

Interview pertama yaitu di salah satu perusahaan oil n gas di kabil dan yang kedua di batu ampar batam.

Interview pertama w ditanya2 mengenai materi welding inspector, kesibukan di kampus, dan wawasan tentang welding duties. Gaji yang ditawarkan cukup besar, namun sayang gw gagal interview, tidak ada kabar lanjutan dari hrd nya,gw juga sadar diri sih soalnya kualifikasi nya kurang, tapi ini juga udah alhamdulillah dapet interview.

Interview kedua di Batu ampar w di interview langsung sama orang India, beliau baik banget orang nya murah senyum pula, serta gw gaada sama sekali ditanya materi, beliau hanya tanya kehidupan dan sertifikat, lalu pemberitahuan gaji, but in the end of interview dia bilang "ini cv saya infokan dulu ke client ya, kalau client tidak ok, ya tidak bisa di lanjut". Btw waktu interview kita bilingual, kadang english kadang malay wkwk.

Ok baiklah selama 1 minggu menunggu, finaly gaada panggilan lagi. Mungkin belum rezeki :), client nya ga nerima karena w belum certified cswip.

Lanjut ke bulan februari, gw hanya dapat 1 panggilan di radiant utama jakarta untuk posisi Junior Inspector, untung nya test psikotes dilaksanakan via Online, alhamdulillah psikotest lulus, besok langsung ada email perintah disuruh langsung ke jakarta untuk interview. 
Agak kaget juga sih, kirain bisa by phone. Soalnya ortu ga ngizinin...

Lanjut ke bulan maret di bulan maret ini gw sedang mengambil sertifikasi mt/pt dan kebetulan ada temen yg bekerja di caterpillar, beliau infokan gw "bang ada loker nih di CAT" sembari melihatkan poto nya"

Singkat cerita saya kirim cv nya, esok hari ketika gw sedang di kamar mandi ternyata ada telpon masuk hp w taro di kamar tidur ya ga ke angkat dong, gw curiga ini kaya nya dari CAT, pas malam nya masuk kelas mt/pt gw tanya lah ke temen, "eh ini no hrd nya ya?" "Iya bang, kenapa? Abang tak angkat ya?"
"Iya :(".

Alhasil bukan rezeki lagi, meskipun udah w telpon balik, sepertinya jaringan telpon nya hanya 1 arah aja gabisa di telp balik dari sini.

Lalu wabah pun melanda, lowongan semakin sedikit, info loker juga hampir gaada, masuk lagi bulan puasa, setelah bulan puasa masuk bulan syawal, liat org nikahan.. ampun ya allah cobaan lagi -_-... yang lain udah kemana gw masih disini aja makin gemuk makan makanan cemilan dan masakan mama :p

Disaat wabah yang masih melanda walaupun kondisinya new normal, alhamdulillah di bulan juli gw dapet panggilan dari salah satu perusahaan di Batu ampar, Batam. 

Lucunya gw ga mempersiapkan bahasa inggris untuk interview, yg gw siapkan tu cuma materi2 tentang welding inspection, karena gw takut itu yg keluar di pertanyaan mereka..

Esok harinya interview pertama via zoom
W interview di rumah, pakai kemeja, celana pendek wkwkwk, rambut agak botak pada waktu itu (sengaja potong agak botak males k tukang cukur saat wabah gini).

Pas interview intro nya aja bahasa indo, eh taunya isi interview semua suruh jabarkan pake english, damn... w gaada prepare english untuk interview sama sekali, alhasil w speak up aja dengan pd nya. Beliau2 ini menanyakan tentang biodata, kehidupan saya, sertifikat2 keahlian apa saja yang sudah saya ambil, kegiatan di kampus ngapain aja, standar2 apa aja yang kamu tahu, all in english.

Singkat cerita 3 hari kemudian w disuruh kelokasi untuk interview langsung dengan QC manager nya. Alhamdulillah disitu w dinyatakan diterima, QC manager nya bilang "dari sekian banyak fresh graduate yg masuk saya pilih kamu, untuk yang pengalaman nya saya juga sudah dapat 1 orang" jadi, kami hanya menerima 2 orang, 1 fresh with sertificate, 1 org with sertificate + experiences.

Gw bersyukur banget pada waktu itu, dan udah kepikiran "taun depan nikah ni kayanya wkwkwk" tapi ya gatau ya itu ranah nya Allah menentukan takdir ;).

03 agustus 2020, tepat dimana gw memulai karir sebagai Welding Inspector di salah satu perusahaan di Batam, 1 tahun kiranya w menganggur hingga Allah mengabulkan doa gw bahwa w ingin memiliki rezeki berupa pekerjaan agar w dipermudah dalam finansial bahkan planing untuk menikah di umur ku nanti, yaa mungkin antara 25 atau 26.
 


Bersyukur ini merupakan pekerjaan yg w impikan sejak smk, alhamdulillah sebagai fresh graduate WI gw ditempatkan di bagian QC Staff, kerjaannya tidak begitu sulit, namun akan banyak bekerja di office ketimbang ke lapangan, yah paling hanya inspeksi dikit2 hehe.. sisanya bikin report hasil inspeksi.

Terimakasih kepada PT. Toyo Kanetsu yang sudah mau menerima saya karena telah membuka gerbang karir saya untuk pertama kalinya, khususnya untuk pak Nano dan pak Aiyub selaku HRD dan QHSE Manager.  

ok deh sekian dulu ya, nanti di lanjut di posting berikutnya :)

Barakallahu fiik!

cheers :)!




Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. helehhh penipuann,, ujung2nya pake kekuatan orang dalam jg

    ReplyDelete
  3. fakyu nopal inspektor

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts