Persyaratan Pembuatan SKCK Baru dan Perpanjangan


Foto di atas adalah kondisi kita mengantri untuk perpanjang/pembuatan SKCK yang berlokasi di POLRESTA BARELANG Sukajadi, Kota Batam. Padahal niat nya bisa di proses cepat dengan aplikasi PRESISI, namun ternyata yg saya rasakan, penggunaan aplikasi tersebut hanya sebagai media bayar saja. Pada akhirnya kita harus antri juga sama dengan yg non Online. Padahal di aplikasi PRESISI kita juga mencantumkan berkas2 dan foto. tapi ya udah deh mau gimana lagi, ikuti saja wkwk.

Untuk mengetahui apa saja persyaratannya saya melihat salah satu social media Polresta Barelang di Instagram (@polrestabarelang), karena saya tidak banyak waktu untuk mengecek on the spot.

Persyaratan pembuatan/perpanjang yang tertera di Instagram kepolisian ini saya perhatikan tidak ada yang bener atau ter update, apa yg di cantumkan di media seperti di Instagram mereka, itu tidak sama dengan kenyataan nya.

Di Instagram, mereka tidak mencantumkan diharuskan membawa map merah, jumlah berkas yg di fotocopy pun berbeda dengan kenyataan di lokasi. Di Instagram, mereka minta 1 rangkap, tapi kenyataan nya 2 rangkap, jadi kita yang udah prepare lalu mengantri akan kekurangan berkas, dan kita fotocopy lagi diluar. Untung saja di kawasan tersebut ada 2 lokasi fotocopy, jadi saya bisa beli map dan fotocopy kembali. 

ribeet ribeet... Saya kira Instagram nya ter update, ternyata tidak. niat nya mau cepet, malah lambat dan bulak balik jadinya.

Katanya, di media mereka menyebutkan proses pembuatan SKCK hanya 5 menit, iya 5 menit, coba dong simulasikan dulu sama ngantri nya. atau bikin note kecil dibawah, tidak termasuk ngantri wkwkwk. biar kita org2 yg pengen cepet2 tu bisa atur waktu kapan ada waktu yg luang, gak bikin SKCK di waktu sempit kaya saya kemarin. yaah jadi curhat kan wkwk...

berikut merupakan persyaratan yang harus dibawa / dipenuhi untuk perpanjang atau pembuatan SKCK per April 2023. awas perhatikan baik baik jangan sampai ada yang terlewat.




Jangan lupa, untuk yang menggunakan aplikasi PRESISI, apabila sudah melakukan pembayaran secara online, mohon untuk di print dan bawa bukti pembayaran nya, karena nanti akan diminta print an / hardcopy nya saat mau claim pembayaran nya. Aneh, padahal ada barcode nya tinggal tunjukan saja email bukti pembayaran nya, kenapa harus print2 lagi. percuma sistem online, tapi sama aja bohong gak guna wkwk.

 

Tulang Iga Soto Babat,

Semoga bermanfaat :) 

Comments

Popular Posts